EO SURABAYA

Jasa Event Organizer Surabaya

Jika biasanya saat menyambut tahun baru berbagai acara meriah digelar dengan pertunjukan kembang api, maka beda halnya dengan yang dilakukan penduduk Oga Peninsula, Akita, Jepang. 
Penduduk Oga Penisula merayakannya pergantian tahun bersama ‘Setan’ atau biasa disebut dengan nama Namahage. Dikabarkan bahwa tradisi ini telah dilakukan sejak 2000 tahun lalu, Namahage sendiri adalah sosok ‘Setan’ yang berkeliling rumah dan masuk dari satu pintu rumah ke pintu rumah lainnya untuk menakuti anak – anak yang nakal dan malas.
Eits, tapi tak usah khawatir, karena ‘Setan’ yang muncul dalam perayaan tahun baru ini sebenarnya hanya sekelompok orang yang menyamar sebagai Namahage dengan topeng setan dan jubah jerami.
Dilansir dari Japan Today, terdapat beberapa versi cerita yang berbeda mengenai asal mula Namahage. Sebagaian menceritakan bahwa awalnya sosok Namahage merupakan seorang pelaut yang kapalnya rusak. Ada juga yang mengungkapkan jika Namahage sebelumnya sudah diperkenalkan oleh Kaisar Cina sejak 2000 tahun yang lalu. Walaupun ada perbedaan versi cerita, namun sosok ‘Setan’ ini pun sudah menjadi tradisi warga Akita hingga kini.

EO SURABAYA 

Tradisi Namahage secara turun-temurun rutin dilaksanakan di kota Akita. Setiap tahun orang-orang berpakaian seperti Namahage lalu pergi ke tiap rumah. Saat Namahage pertama tiba di rumah, biasanya mereka menginjak-injak, mengaum, menggeram dan umumnya menakuti anak-anak kecil. Menariknya, para orang tua memanfaatkan tradisi ini untuk meminta bantuan Namahage agar menegur anak mereka yang memiliki sikap tidak baik.